Thursday 11 February 2016

5 PERSIAPAN PENTING BAGI MAHASISWA BARU

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Sebelumnya perkenalkan dulu ya ,saya adalah mahasiswa di Politeknik Elektonika Negeri Surabaya (2019 ini saya sudah lulus alhamdulillah) ,yang mengambil Prodi D4 teknik Elektro Industri.

saya yakin yang membaca blog saya sa'at ini adalah kalian yang mau lulus SMA/SMK sederajat,yang sudah berniat untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi hehe. Apalagi yang sudah diterima di perguruan tinggi negeri yang didamba-dambakan ,pasti pingin tahu bagaimana rasanya menghadapi kuliah ,atau bagaimana rasanya ospek nya anak kuliahan.???

Persiapan-persiapan apa aja sih yang harus dimiliki calon mahasiswa ,menjelang awal perkuliahan.???

langsung aja.. simak kupasan berikut ini..

1. Niat dan Kesungguhan


       Niat dan kesungguhan ini sangatlah penting dimiliki dalam diri para calon mahasiswa,karena apa tanpa adanya niat dan kesungguhan dalam menjajaki dunia perkuliahaan yang begitu liar dan keras,maka itu seperti rumah tanpa pondasi.Jangan pernah anda mengira bahwa dunia perkuliahan dan menjadi mahasiswa itu begitu bahagia seperti di sinetron.justru disinilah kalian akan mengetaui miniatur bangsa yang sesungguhnya,dan mental serta pengetahuan kalian akan diuji oleh orang-orang yang benar-benar benefit di bidangnya,dan juga anda akan mendapatkan banyak rintangan dari segala hal yang tidak akan anda sangka.



2. Kesehatan


      Kesehatan ,yaa.. jangankan kuliah,kita bekerja pun ,ataupun mau donor darah pasti harus kita lihat kesehatannya. Ingat gaes, kuliah itu adalah serangkaian kegiatan yang menyita banyak waktu dan energi untuk berfikir, bersosialisasi dan bergerak. jika diri kamu tidak memiliki kondisi tubuh dan mental yang prima dalam menjalani perkuliahan, kamu malah akan jatuh sakit dan itu akan menjadi satu kerugian bagi kamu.

         Nah, mimin mau berbagi sedikit tips juga nih, buat kamu yang mau menjalani kehidupan kuliah.

  • jangan lupa sarapan
ini penting gaes, karena memang bener gaes , kalau sarapan itu mampu menjaga tubuh kamu jadi lebih fit dalam menjalani hari kamu di kampus. Hal ini pun udah aku coba kok, dan memang kalau sarapan dulu di pagi hari, mampu membuat ku lebih enjoy dan berenergi kuliahnya. yaa asalkan jangan berlebihan aja sarapannya, kalau bisa sarapan yang sedang aja, jangan sampai kenyang, dan sarapanlah dengan nasi ,lauk, dan buah.

  • tidur yang cukup
jangan pernah berharap kamu sehat, kalau kamu tidur cuma sebentar dalam satu hari, normalnya manusia butuh tidur kurang lebih 7-8 jam sehari. itu pun harus tidur dibawah jam 10 malam. ini penting sob!! . tapi ketika kamu udah menjadi mahasiswa lama atau mahasiswa tua, tidur 7-8 jam itu cukup mustahil ,apalagi dikampus teknik kayak di PENS wkwkwk..



3. Keilmuan


      Tentu saja, selain dua hal yang telah kita bahas diatas, keilmuan juga merupakan hal penting yang harus kalian miliki di awal kalian menempuh perkuliahan nih sob !. jangan sampai kalian masuk kuliah, dan masih lelet dan bingung sama apa yang dosen sampaikan. Karena, ilmu dan materi yang kalian dapatkan di awal perkuliahan adalah materi pondasi bagi materi-materi penting di semester-semester berikutnya.

4. Budget atau Uang Saku


       Jangan bilang kamu pingin tenang, nyaman, dan lancar di awal perkuliahan kalian, kalau kalian tidak memiliki uang saku atau budget ya sob. gak cuma di awal perkuliahan sob, uang merupakan salah satu hal terpenting yang harus kamu miliki sepanjang kamu kuliah.


   Karena, bakal banyak banget sob kebutuhan kuliah dan penunjang yang membutuhkan uang, contohnya, fotokopy, print, laminating, jilid, makan, mungkin kadang-kadang juga transportasi. Hal-hal seperti ini nih, meskipun sedikit jumlah uangnya, tapi kalau rutin yaa pasti banyak juga jumlahnya. Meskipun perkuliahan di Indonesia ini makin lama makin terjangkau karena banyaknya bantuan dan beasiswa baik dari pemerintah maupun dari pihak swasta, namun tetap saja sob, kebutuhan perkuliahan seperti yang aku sebutin tadi, benar-benar bikin kantong kamu bolong. Apalagi ketika kamu menjalani semester akhir kalian, uang spp kuliah kamu, bakalah kalah nilainya dengan kebutuhan skripsi kamu sendiri, percaya deh (pengalaman soalnya hehe).

5. Do'a


     Yang terakhir ini gak kalah penting nih sob. Yab benar sekali, DO'A !! . sebesar-besarnya anda, sepinta-pintar nya anda, sekaya-kayanya anda, sekuat-kuatnya anda, yakinlah itu semua atas pemberian tuhan, bukan semata-mata itu terlahir dan didapatkan atas murni dari anda sendiri. Maka berdo'alah agar tuhan senantiasa memberikan kita yang terbaik, menjaga kita, dan selalu membuat kita sukses.

    Anda juga harus meminta do'a kedua orang tua anda, jangan lupa, ridhonya orang tua, adalah ridhonya yang maha kuasa, setidaknya itu yang diajarkan di agama islam, dan saya yakin juga di agama-agama lainnya juga pasti mengajarkan nilai-nilai seperti ini. 



       Nah.... sekian dulu sob, pembahasan dari saya tentang 5 persiapan penting bagi mahasiswa baru ,semoga yang membaca postingan saya ini sukses dalam menjalani semua aktifitas perkuliahannya.. aamiin....
     

Jangan lupaa, subscribe channel aku yaa WAWATEKNO CHANNEL

#WAWATEKNOCHANNEL

wassalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh...



No comments:

Post a Comment