Thursday 10 October 2013

10 CARA AGAR TIDAK TERSENGAT LISTRIK

           kali ini saya akn membagi beberapa saran,agar tidak tersengan aliran listrik.mungkin sangat simpel,tapi semoga sangat berguna bagi kita semua.

1). Jangan pernah anda,ketika memasangkan rangkaian listrik(utamanya tegangan tinggi),bagian tubuh anda menginjak tanah,walaupun hanya sedikit.

2). Gunakanlah pelapis tangan atau pastikanlah tubuh anda tidak tersentuh langsung dengan bagian- bagiankomponen listrik.

3). boleh tanpa pelapis,tapi pastikan bahwa benda atau rangkain yang anda pegang atau anda sentuh adalah yang sudah terisolasi ganda.

4). pastikan bila pada tegangan AC,saluran atau panel yang akan anda sentuh telah ada pengamannnya seperti MCB,sikring,dan lain sebagainya.

5). pastikan,rangkaian yang akan anda pegang sudah ada pentanahannya,jadi apabila ada kebocoran arus,tidak akan sampai mengenai anda.

6). pastikan tangan anda tidak basah sa'at akan menyentuh rangkaian listrik,walaupun sudah terisolasi.

7).pakai alas kaki,kalau akan menyentuh rangkaian listrik.

8).gunakanlah/buatlah rangkaian listrik yang memiliki pengaman paling benar dan efisien.


9). gunakanlah/buatlah rangkaian listrik dengan menggunakan penanda,seperti lampu,speaker,atau buzzer,jadi apabila telah terjadi kebocoran maka anda akan langsung tahu.

10) tetap berhati-hati dan jangan lupa membaca bismillah ... dan setelah selesai mengucapkan al hamdulillah..

     Itulah sedikit ilmu yang saya begikan dari ilmu saya yang sedikit pula...,baik jeleknya sesuatu,itu adalah diri kita... dan kita tidak boleh sombong atas semua kelebihan yang ada pada diri kita,karena pada hakikatnya,kita lahir dengan ilmu dan tangan kosong,dan kita kembalipun tidak membawa ilmu dan harta apapun,hanya iman dan taqwa yang menjadi bekal kita....

semoga bermanfa'at bagi kita semua,terima kasih...

No comments:

Post a Comment