Wednesday 1 January 2014

PENGERTIAN WIRELESS DAN CARA KERJANYA

               Dalam dunia listrik,sebuah peralatan listrik sangatlah berhubungan dengan yang namanya kabel,menyambungkan komponen satu ke dan dari komponen lain pasti menggunakan penghantar yang namanya kabel.Namun,ada suatu cara yang jauh lebih efisien daripada menggunakan kabel,yaitu frekuensi WIRELEES.
                Tentu apabila kita menyambungkan peralatan elektronika ataupun komponen elektronika pada jarak yang sangat jauh,tentu akan merugikan bila menggunakan kabel pada umumnya.Dan sekarang pun banyak sekali komponen elektronika ataupun peralatan elektronik yang tidak menggunkan kabel atau wireless,namun masih banyak orang yang tidak mengetahui apa itu pegertian wireless dan cara kerjanya..??
                berikut penjelasannya... :

wireless merupakan suatu sinyal frekuensi radio.Agar sebuah peralatan dapat menerima atau mengirim dari dan atau ke peralatan lain maka dibutuhkan tiga komponen yaitu :
             1). sinyal radio ( radio signal).
             2). format data ( data format ).
             3). striktur jaringan atau network.

CARA KERJA WIRELESS

Lebih jelasnya,cara kerja wireless hampir sama dengan cara kerja modem,dalam mengirim maupun menerima data.Peralatan wireless berfungsi atau bekerja sebagai alat yang mengubah data menjadi sinyal radio,itu sa'at mengirim,namun sa'at menerima wireless bekerja sebagai alat penerima sinyal radio dan mengubahnya menjadi data digital yang bida dimengert dan diterima oleh komputer.
       
pertanyaanya,bagaimana sinyal radio dapat diubah menjadi data digital..???
prinsip dasar yang digunkan pada teknologi wreless ini sebenarnya diambil dari persamaan yang dibuat oleh james clerk maxwell pada tahun 1964.

Beliau mengatakan : "setiap perubahan yang terjadi dalam medan magnet,itu akan menciptakan medan-medan listrik.Dan sebaliknya,setiap medan listrik akan menciptakan medan magnet".Sama dengan prinsip travo bukan...????

lebih jelasnya,sa'at arus listrik AC atau Alternating Current bergerak melalui kabel atau konduktor lainnnya,maka beberapa dari energinya akan terlepas ke ruang bebas maupun padat di sekitarnya dan menciptakan medan magnet atau magnetic field.kemudian medan magnet yang terlepas itu akan menciptakan medan listrik di ruang bebas,yang kemudian menciptakan medan magnet lagi,lalu medan listrik lagi,lalu medan magnet lagi,dan seterusnya,hingga arus atau medan yang asli terhenti atau telah diterima oleh penerima (RECEIVER).

bentuk energi yang tercipta dari perubahan-perubahan ini dinamakan radiasi elektromagnetik,atau biasa dikenal dengan nama gelombang radio.Alat yang menghasilkan delombang radio biasanya dinamakan dengan TRANSMITER.Dan alat yang menerima gelombang radio biasanya dinamakan RECEIVER.alat yang dapat mengirim maupun menerima gelombang radio dinamakan TRANCEIVER.semuanya itu membutuhkan alat yang namanya ANTENA,agar gelombang yang keluar atau masuk lebih jelas lagi.

gelombang radio memiliki satuan yaitu HERTZ,dinamakan hertz karena diambil dari orang yang pertama kali menemukannya yaitu HEINRICH HERTZ, frekuensi itu sendiri adalah benyak getaran dalam tiap detik,dan banyak satuan dari besaran satuan frekuensi seperti(KHz,Mhz,GHz,).

Dan jarak antar frekuensi disebut SPECTRUM,lalu bagian terkecil dari spectrum disebut BAND.
..
..
..
MY NAME IS MUHAMMAD ALWI ABDULRACHMAN,I'M IS MUSLIM AND INDONESIAN PEOPLE,I HOPE THIS MY BLOG CAN GIVE POSITIVLY WORK TO US, AMIN....

THANKS FOR YOUR VISIT,AND COMEBACK AGAIN YA...

No comments:

Post a Comment